Belum Diputar di Amerika, Doctor Strange Kuasai Box Office Global

Rabu, 02 November 2016 - 05:30 WIB
Belum Diputar di Amerika, Doctor Strange Kuasai Box Office Global
Belum Diputar di Amerika, Doctor Strange Kuasai Box Office Global
A A A
LOS ANGELES - Film terbaru Marvel, Doctor Strange, baru akan tayang perdana di Amerika Utara pada akhir pekan ini. Tapi, sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia, sangat beruntung karena bisa menyaksikan film ini terlebih dahulu ketimbang di negara asalnya.

Meskipun belum diputar di Amerika Utara, tapi, selama pekan pertama pemutarannya, Doctor Strange telah meraup tak kurang dari USD86 juta (Rp1,1 triliun) di 33 pasar. Angka ini jelas melampaui perkiraan awal dan menjadi jaminan bahwa film ini bakal sukses, mengikuti jejak film Marvel yang sudah dirilis sebelumnya.

Pasar utama Doctor Strange termasuk Inggis dan Korea Selatan (Korsel) dimana film ini mencatat rekor untuk film Marvel atau mendekatinya. Sementara film-film Marvel selalu diperkirakan tampil baik di pasar, kesuksesan dini Doctor Strange sedikit mengejutkan.

Menurut Cinema Blend, film ini sebenarnya diperkirakan bakal meraih pendapatan pembukaan setara dengan angka yang diraup Ant-Man atau Guardians of the Galaxy—dua film Marvel yang memperkenalkan karakter yang kurang dikenal audiens. Tapi, ketika box office dibandingkan di negara yang sama dengan disesuaikan inflasi, Doctor Strange justru mengalahkan Ant-Man dengan hampir 50% dan Guardians dengan lebih dari 35%.

Penerimaan total box office film ini diperkirakan bakal terus meningkat karena banyak pasar internasional yang menjalani libur awal pekan ini karena All Saints Day. Sementara, film ini bakal diputar di Amerika Serikat pada Jumat (4/11/2016).

Alasan mengapa film ini melampaui angka yang diperkirakan adalah karena bintang utamanya, Benedict Cumberbatch. Aktor asal Inggris ini menjadi begitu populer di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir lewat aktingnya sebagai detektif legendaris, Sherlock Holmes, di serial Sherlock yang diproduksi BBC.

Serial ini menjadi hit di banyak negara yang menjadikan Benedict jadi populer dimana-mana. Selain faktor sang aktor, fakta bahwa Doctor Strange sepertinya menawarkan sesuatu yang sangat berbeda di Marvel Cinematic Universe (MCU), melalui gaya visual yang unik, juga menarik fans yang ingin memastikan menonton film ini di layar lebar.

Di Amerika Utara, Doctor Strange telah diproyeksi bakal meraup USD75 juta (Rp978 miliar). Angka ini akan menempatkannya tepat di belakang Thor: The Dark World meraup USD85 juta pada saat dirilis pada musim gugur 2013. Tapi, kalau hasil di pasar internasional itu adalah indikasi, maka Strange bakal menikmati box office setara dengan Dark World, yang artinya, Doctor Strange bisa meraup sekitar USD85 juta pada akhir pekan ini.

November adalah bulan dimana banyak studio besar merilis filmnya, jadi Doctor Strange tampaknya tidak akan mencetak rekor pada bulan ini. Film seperti franchise Hunger Games, Twilight dan Harry Potter semuanya mencatat rekor pendapatan pembukaan di atas USD100 juta. Marvel mungkin tidak berusaha menapaki tanah baru, tapi mereka jelas menyusun akhir pekan yang besar. Di bulan ini, spin off Harry Potter, Fantastic Beasts and Where to Find Them juga bakal dirilis.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4513 seconds (0.1#10.140)